MENANAM POHON BERDURI

Menanam pohon berduri .
( dari Buku Road to Allah )

Pada zaman dahulu ada seorang yang menanam pohon berduri ditepi jalan , dan lama kelamaan tanaman berduri itu menjadi besar .
Mula - mula orang tidak merasa terganggu dengan duri duri itu , tetapi kemudian mereka protes ketika duri itu mulai bercabang dan menyempitkan jalan orang yang melewati nya .

Hampir setiap orang pernah tertusuk durinya , dan yang menarik adalah .. bukan orang saja yang tertusuk, tetapi yang menanam pohon duri tersebeut pun berkali kali tertusuk oleh pohon yang ditanamnya sendiri .

Akhirnya, petugas kota datang dan meminta si penanam menebang pohon tersebut dan menyingkirkan nya dari jalan .
Orang tersebut berjanji akan menebangnya , tetapi tidak pernah menepati janjinya .

Lama kelamaan , si orang tersebut tak mampu lagi menebangnya karena dia sudah menjadi tua .. dan pohon tersebut juga sudah tumbuh menjadi sangat kuat dengan akar yang sangat dalam .
Cabang 2 nya yang tajam hampir menutupi semua bagian jalan , melukai setiap orang yang lewat .. dan juga melukai si orang yg menanam pohon itu .

Moral story :
Dalam hidup ini kita seringkali menanam pohon berduri didalam hati kita , duri duri itu tidak saja menusuk orang lain ..tetapi juga menusuk badan kita sendiri .
Tanaman berduri itu adalah perilaku buruk kita , yang selalu kita pelihara dan kita siram .
Sudah banyak orang menjadi korban nya , dan korban yang pertama adalah diri kita sendiri .

Apa yang harus kita kerjakan ?
Ambil kapak dan Tebas !!
Sehingga orang bisa melanjutkan perjalanan tanpa terganggu oleh duri2 tersebut .

Kadang kita tak mampu lagi menebas nya karena sudah berakar dalam , kita mesti mencari seorang ksatria yang bisa membantu kita untuk memberantas duri2 tersebut .

0 Response to "MENANAM POHON BERDURI"

Post a Comment